Pilih Mana “Mulai Berbisnis atau Bekerja dan Menjadi Karyawan”

Hidup adalah sebuah pilihan, kita bisa memilih menjadi apa saja, entah menjadi seorang entrepreneur dengan berbagai risikonya atau menjadi seorang karyawan yang selalu berada di zona nyaman. Namun, di balik semua itu pasti ada konsekwensinya, dimana setiap orang dalam memilih tidak perlu menyesalinya. Jadi, pilih mana “mulai berbisnis atau bekerja dan menjadi karyawan”?

berbisnis-atau-menjadi-karyawan
Ilustrasi (Gambar: ekonomisumsel.com)

Banyak sekali anggapan yang menganggap bahwa menjadi seorang entrepreneur hidupnya lebih enak dan tanpa tekanan dalam bekerja. Padahal hal ini tidak selalu benar. Memang rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumput sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Sendiri atau Menjadi Seorang Karyawan

Pada dasarnya semua pasti terasa enak bila belum pernah merasakan, apalagi bila yang dilihat hanya yang indah-indah saja. Kemana-mana naik mobil mewah, makan di restoran, dan sering traveling kemana-mana.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Pemula yang Bisa Dicoba.

Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan antara berbisnis sendiri atau menjadi karyawan? Simak perbedannya berikut ini:

  • Bila memilih berbisis sendiri, terdapat keuntungan dan kerugian, antara lain:

    1. Memiliki pendapatan yang tidak terbatas.
    2. Waktunya yang bisa diatur sendiri.
    3. Yang menjadi kekurangannya adalah risiko dalam berbisnis termasuk risiko tinggi.

  • Bila lebih memilih menjadi karyawan, maka terdapat kelebihan dan kekurangannya, antara lain:

    1. Pendapatan terbatas, hanya sebatas gaji yang diterima saja.
    2. Waktu bekerja yang teratur sesuai jam kerja.
    3. Kelebihannya hanya satu: hampir tidak ada risiko.

Itu dia kelebihan dan kekurangan berbisni sendiri atau menjadi seorang karyawan. Tentu semua itu harus dipersiapkan, bila Anda yang saat ini masih menjadi karyawan dan ingin membuka usaha sendiri. Kenali dulu pasar yang akan dituju dan juga produk yang akan dijual, apakah dibutuhkan pasar atau tidak.

Berbisnis Online Bisa Menjadi Pilihan

Memulai bisnis memang menjadi sebuah pilihan untuk Anda yang ingin berbisnis meskipun saat ini masih menjadi seorang pegawai. Banyak sejali jenis bisnis yang bisa Anda pilih, bisnis online salah satunya.

Sejak semakin berkembangnya teknologi digital dan merebaknya wabah Covid-19 yang telah merubah pola dan gaya hidup, bisnis online menjadi pilihan bagi siapa pun yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis.

Terdapat 4 (empat) langkah sukses membangun bisnis di era digital seperti saat ini, antara lain:

1. Anda harus mulai merancang dan mencoba membuat strategi bisnis yang bisa tahan lama.

Membangun bisnis tidak bisa dibangun dan dimulai dalam semalam. Membangun bisnis di era digital, meskipun hanya bisnis online, harus dipersiapkan dengan matang, dan bisa bertahan secara jangka panjang.

Jangan lupa memahami product knowledge, market knowledge dan juga segmentasi bisnis atas pasar yang akan dituju.

2. Gunakan media sosial

Saat ini semua orang kebanyakan sudah menggunakan smartphone. Dengan smartphone semua bisa dipromosikan, entah menggunakan Instagram, Facebook, Tik Tok, You Tube, Twitter dan aplikasi media sosial lainnya.

Sangat mudah bagi siapa pun untuk mempromosikan produknya melalui media social, Anda hanya butuh keterampilan membuat konten, mengedit video, dan juga menghasilkan konten menarik untuk mengiklankan produk Anda.

3. Meng-aplikasikan digital marketing dalam bisnis

Saat ini agar bisnis dan produk dikenal, maka para pebisnis bisa meng-aplikasikan digital marketing agar dikenal. Bentuk promosi online yang dilakukan bisa dengan berbagai cara, bisa dengan SEO (search engine optimization), content marketing dan masih banyak lagi lainnya.

4. Selalu mendengarkan pelanggan

Hal penting saat memilih terjun ke bisnis adalah kesediaan dan kemauan kita untuk mau melayani pelanggan. Tidak hanya kualitas produknya yang harus dijaga, tetapi kualitas pelayanan pelanggan juga harus dipelihara.

Itu dia sedikit informasi tentang pilih mana “mulai berbisnis atau bekerja dan menjadi karyawan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Share

0 Response to "Pilih Mana “Mulai Berbisnis atau Bekerja dan Menjadi Karyawan”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel