Ide Bisnis untuk Pemula yang Bisa Dicoba

Anda ingin memulai bisnis? Terkadang rasa penasaran untuk berbisnis bisa datang begitu saja. Saat melihat saudara tau teman yang dulunya hanya berbisnis kecil-kecilan, tapi saat ini sukses sampai bisa membuka jaringan bisnis. Hal ini wajar sebagai manusia, namun alangkah lebih bijak bila saat ingin membuka bisnis dimulai dari hal kecil dulu. Ide bisnis untuk pemula yang bisa dicoba berikut ini semoga bisa menginspirasi Anda.

ide-bisnis-untuk-pemula
Ilustrasi (Gambar: facebook.com)

Sebenarnya banyak sekali jenis bisnis yang bisa dijalankan, Anda pun bisa mencobanya sendiri. Dengan mencobanya sendiri Anda bisa mengetahui seluk beluk bisnis yang ingin Anda buka, sehingga pada saat bisnis sudah mulai besar, Anda tahu dimana cara mengatasinya apabila bisnis tersebut ada kendala.

Ide Bisnis Modal Kecil untuk  Pemula

Seringkali kita menganggap bahwa memulai bisnis dibutuhkan modal besar. Ternyata ini kurang tepat, di tengah semakin canggihnya teknologi dan perubahan pola hidup ternyata banyak bisnis yang bisa dimulai dari rumah, bahkan dengan modal kemampuan Anda.

Sangat menarik bukan?

Bahkan saat ini sudah banyak yang berbisnis hanya dari rumah, di pelosok desa dan menikmati hidupnya dengan hanya mengandalkan laptop dan internet. Tentu ini sangat menarik.

Namun bila Anda masih belum memiliki kemampuan seperti yang disampaikan di atas, masih banyak jenis bisnis yang Anda lakukan dengan modal kecil, seperti yang disampaikan di bawah ini, antara lain:

  1. Food Truck
  2. Coffee Shop
  3. Bakery
  4. Cooking Classes
  5. Ice Cream Stand
  6. Product Reviewer
  7. ome Food Delivery
  8. Book Keeping
  9. Web Design
  10. Digital Marketing
  11. Interior Designer
  12. Make Up Artist
  13. Homestay Busniess
  14. Online Tutoring
  15. Home Décor
  16. Online Trading
  17. Event Planning
  18. Photography
  19. Fast Food Joint
  20. Yoga Studio
  21. Pet Business
  22. Day Care Business
  23. Content Creation
  24. App Development
  25. Lanscapping
  26. Dance Studio
  27. Gift Wrapping
  28. Music Studio
  29. Clothing Boutique
  30. Travel Planner

Baca juga: 5 Ide Bisnis Jajanan Kekinian Untuk Anak Muda.

1. Food Truck

Sebenarnya usaha dengan food truck sudah ada sejak lama, di luar negeri usaha ini sudah sangat banyak, dan menjadi pilihan bagi anak muda untuk menjalankan bisnisnya.

Di Indonesia memang masih sangat jarang yang menjalankan bisnis dengan menggunakan food truck, namun ini bisa menjadi peluang. Hal ini juga menjadi solusi untuk mengatasi harga sewa tempat, sewa ruko yang semakin naik.

Anda yang memiliki mobil, daripada tidak digunakan, bisa dimodifikasi untuk berbisnis. Anda bisa menempatkan mobil makanan Anda di acara-acara outdoor seperti bazar, acar musik, Car Free Day di Hari Minggu. Tentu hal ini menjadi bisnis yang menguntungkan.

2. Coffee Shop

Coofee shop menjadi bisnis yang menarik sampai saat ini, apalagi kalau Anda pecinta kopi dan memiliki mesin kopi, daripada hanya digunakan sendiri, menjadi sangat menarik bila alat kopi dan mesin kopi yang ada digunakan untuk berbisnis.

Memulai bisnis ini sangat mudah, dan tidak repot, Anda bisa membuka dan memanfaatkan sudut kosong atau halaman kosong di depan rumah Anda.

Anda bisa mengenalkan coffee shop Anda melalui media sosial hingga website atau landing page yang Anda miliki.

3. Bakery

Anda hobi membuat kue dan bisa membuat sajian kue menarik? Mengapa hobi tersebut tidak diteruskan untuk bisa menghasilkan uang?

Tidak perlu bingung, cukup gunakan ruang kosong di rumah atau bisa di garasi. Dengan mempersiapkan etalase, dan juga beberapa kue kering untuk mempercantik, Anda sudah bisa mendapatkan pelanggan baru. Jangan lupa mengenalkannya ke saudara, teman, dan juga media sosial agar banyak yang datang.

4. Cooking Classes

Ada satu yang menarik, kalau Anda tidak mau membuka bisnis roti dan kuliner, kalau Anda jago dan ahli memasak, mengapa keahlian tersebut tidak dijadikan uang, membuka kursus memasak misalnya.

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi dan kemudahan berkomunikasi, Anda bisa membuka kelas online, dengan memberikan biaya terjangkau pasti banyak yang akan mengikuti kelas memasak yang Anda buka.

5. Ice Cream Stand

Satu lagi ide bisnis menarik, yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membuka stan es krim. Es krim tentu saja sangat disukai siapa pun, khususnya anak-anak.

Dengan membuka gerai atau stand es krim di rumah, atau stand kecil-kecilan sangat cukup untuk memulai belajar bisnis. 

6. Product Reviewer

Satu lagi ide bisnis yang bisa Anda buka, bahkan tanpa modal, yaitu product reviewer atau disebut juga dengan pemberi ulasan produk atau jasa.

Anda bisa menawarkan jasa Anda atau bekerjasama dengan pemilik bisnis yang baru buka atau membuka jasa tersebut di media sosial. Dengan hasil ulasan Anda, maka masyarakat akan terdorong untuk membeli produk dari klien Anda.

7. Home Food Delivery

Sebenarnya bisnis ini sangat dekat dengan jasa katering, bahkan ada bisnis katering yang juga menyediakan jasa home food delivery.

Namun terkadang, pemilik jasa katering adalah ibu rumah tangga, sehingga dia membutuhkan jasa ini. Inilah kesempatan Anda untuk memulai bisnis pengantaran makanan rumahan.

8. Book Keeping

Bila Anda memiliki kemampuan dalam pembukuan dan pencatatan atau lulusan akuntansi dan manajemen, ini kesempatan untuk memanfaatkan peluang ini.

Sambil menunggu panggilan kerja, Anda bisa lho menawarkan kemampuan Anda pada orang terdekat yang sudah memiliki bisnis untuk membantu mengurus pembukuan.

9. Web Design

Dengan berkembangnya dunia digital dan kebutuhan akan website, tentu setiap perusahaan membutuhkan tampilan website yang menarik.

Bila Anda memiliki kemampuan desain dan juga pemrograman website, Anda bisa mencoba memulai bisnis web desain ini. 

10 Digital Marketing

Bisnis digital marketing di masa ini menjadi bisnis yang menjanjikan, apalagi saat ini semuanya dilakukan secara digital, mulai dari email hingga periklanan semua dilakukan dengan teknologi digital.

Anda bisa membuka jasa digital marketing untuk perusahaan atau bisnis kecil yang belum melakukan promosi secara digital. Dan hal ini tentu menjadi peluang bisnis untuk Anda.

11. Interior Designer

Anda ahli dalam mendesain, khususnya interior? Sepertinya inilah kesempatan untuk memulai bisnis Anda.

Apalagi dengan berkembangnya masyarakat akan pentingnya desian interior, menjadikan industri ini terus berkembang dan memberikan peluang untuk Anda yang kreatif.

12. Make Up Artist

Sampai saat ini bisnis make up artist masih sangat menjanjikan. Apalagi saat musim pernikahan, maka mereka membutuhkan jasa MUA .

Bagi setiap wanita, maka merias wajah menjadi kebutuhan, tentu hal ini menjadi bisnis yang menjanjikan, baik dikerjakan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

13. Home Stay Business

Anda pasti sering melihat harga sewa kamar hotel naik dalam beberapa waktu. Tentu saja hal ini membuat banyak orang yang membutuhkan tempat menginap menjadi kesulitan.

Untuk itu, memulai homestay business menjadi ide menarik, apalagi bila harga yang Anda tawarkan sangat menairk, tentu akan membuat banyak calon konsumen Anda tertarik untuk menyewanya.

14. Online Tutoring

Ini dia salah stau profesi yang bisa menjadi ladang rupiah untuk Anda. Sejak meredanya wabah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu tentu banyak hal yang telah berubah, salah satunya dalam proses belajar. Para pelajar ini membutuhkan materi pembelajaran yang bisa dipelajari dimana dan kapan saja.

Tentu saja hal ini menjadi peluang dan kesempatan Anda untuk memulai dan membangun bisnis, dengan platform online taching.

15. Home Décor

Bisnis desain interior memang sedang naik daun, apalagi dengan semakin berkembangnya bisnis properti. Disinilah kesempatan Anda untuk menggunakan peluang dan kesempatan dalam bisnis “home décor”.

Membuka bisnis jasa home décor bisa menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi dan bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

16. Online Trading

Online Trading menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang, namun untuk masuk bisnis ini, Anda harus tahu dan memahami ilmunya, sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Trading saham banyak dipilih karena bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu singkat. Namun untuk bisa berhasil, Anda harus mengetahui dan mempelajari saham, memilih perusahan sekuritas yang tepat, dan masih banyak hal lain.

Dalam trading saham harus dilakukan hati-hati meskipun menjanjikan keuntungan yang besar.

17. Event Planning

Event planning saat ini menjadi salah satu bisnis yang mulai banyak dilakukan. Sebagai salah satu jenis industri kreatif, maka Anda harus mampu mewujudkan mimpi klien Anda untuk mengubah impiannya menjadi kenyataan.

Banyak sekali event yang bisa dihandle dengan jenis bisnis ini, seperti acara pernikahan, hingga acara-acara untuk perusahaan.

18. Photography

Siapa bilang hobi tidak bisa menghasilkan rupiah? Salah satunya yang bisa memberikan peluang adalah fotografi. Yang menarik, banyak sekali ide bisnis yang bisa dimulai dari hobi fotografi ini.

Selain itu, hobi dan berbagai jenis bisnis ini menjadi hobi yang tak lekang oleh waktu. Banyak sekali jenis bisnis yang masih membutuhkan jasa forografi ini, seperti untuk acara-acara penting, menulis artikel dan masih banyak lainya.

19. Fast Food Joint

Sesuai dengan namanya, maka bisnis ini adalah join fast food, tentu sjaa ide ini sangat menarik. Apalagi dengan fast food yang ada adalah fast food yang modern dan terkenal tentu menjadi daya tarik tersendiri.

20. Yoga Studio

Anda pecinta olahraga? Sampai saat ini yoga masih menjadi olahraga yang populer apalagi sejak pandemi.

Dengan memanfaatkan peluang dan keahlian dan pengalaman Anda dalam beryoga Anda bisa menghasilkan keuntungan rupiah dengan mengajar yoga ini. Sungguh sangat menarik.

21. Pet Business

Anda pecinta hewan peliharaan? Ternyata banyak sekali lini bisnis dari bidang ini lho? Mulai dari menjaga hewan peliharaan, membuka toko makanan hewan, tempat penitipan hewan, salon perawatan hewan, dan masih banyak yang bisa menjadi peluang dalam berbisnis ini.

Anda tertarik? Gunakan kesempatan dan hobi Anda untuk mendulang rupiah. 

22. Day Care Business

Day care merupakan tempat penitipan anak yang sengaja dibuka untuk membantu orang tua yang sibuk karena bekerja.

Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda, yang bisa Anda buka dengan memberikan berbagai fasilitas yang menarik.

23. Content Creation

Content Creation merupakan bidang atau konten yang telah dihasilkan seseorang. Dan orang yang membuat konten tersebut disebut dengan content creator. Banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda lakukan sebagai konten kreator. 

Apalagi di era digital seperti saat ini, sangat terbuka lebar peluang usaha dengan menggunakan internet ini. Bahkan Anda bisa menjadi konten kreator di Tik Tok, You Tube, jadi streamer atau live streaming. Sangat menarik bukan?

24. App Development

Anda punya pengalaman dalam membangun aplikasi? Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengembangkan bisnis sebagai application developer.

Tentu saja dengan adanya aplikasi bisnis tersebut akan mempemudah perusahaan dalam menaikkan penjualan produknya.

25. Lanscapping

Ini dia, satu lagi, hobi bisa jadi hoki. Untuk Anda yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam memodifikasi lahan atau taman menjadi suatu bentuk yang indah, maka landscapping menjadi peluang untuk Anda.

Tentu saja Anda sudah tahu target pasar yang ada, karena dengan memodifikasi lahan menjadi tempat yang menarik dan indah akan bisa memberikan suasana yang berbeda dan akan memberikan manfaat bagi konsumen.

26. Dance Studio

Ternyata di era yang setiap orang butuh hiburan, dance studio masih memberikan peluang untuk bisa mendapatkan cuan.

Tentu saja para komunitas dance pasti membutuhkan tempat untuk mereka berlatih. Dengan memanfaatkan peluang tersebut dan memberikan fasilitas memadai, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari hanya menyediakan studio dengan kaca lebar, kamar mandi, loker, hingga berbagai alat tari.

27. Gift Wrapping

Banyak cara untuk memulai bisnis, membuka “gift wrapping” salah satunya. Peluang bisnis ini masih terbuka lebar, karena masih belum banyak memanfaatkan peluang ini.

28. Music Studio

Sama halnya dengan dance studio, maka dengan membuka bisnis “music studio” akan memberikan keuntungan bagi Anda. 

Music studio merupakan sebuah bisnis usaha yang bergerak dalam peyewaan studio musik dan studio rekaman. Dengan membuka bisnis sesuai hobi, Anda akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, karena sesuai dengan hobi Anda.

29. Clothing Boutique

Ingin membuat bisnis yang berbeda, Clothing Boutique bisa menjadi ide menarik untuk Anda. Meskipun biasanya untuk kelas menengah ke atas, namun Anda yang emmiliki modal lumayan bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Meskipun kebanyakan yang dijual adalah busana untuk wanita, namun bila Anda sudah memiliki nama, atau brand Anda sudah dikenal, dapat dipastikan bisnis Anda akan semakin laris.

30. Travel Planner

Anda pecinta travelling? Sepertinya membuka bisnis jasa travel planner bisa menjadi pilihan, apalagi kalau Anda punya pengalaman traveling yang banyak, bisa menambah pengalaman dalam membuka bisnis ini.

Tentu saja dengan membuka bisnis ini. Anda bisa membuat rencana perjalanan, mencarikan tiket harga murah hingga memberikan tips dan triks perjalanan. 

Sangat menarik bukan? Semoga informasi tentang “ide bisnis untuk pemula yang bisa dicoba” ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda. 

Share

0 Response to "Ide Bisnis untuk Pemula yang Bisa Dicoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel