Jangan Takut Gagal

Ada yang menarik kali ini, biasanya kita selalu membahas tentang bisnis dan juga hal lain dalam proses suksesnya bisnis. “Jangan Takut Gagal” menjadi ide pembahasan kali ini, bukan karena ingin memberi semangat atau memotivasi untuk tetap melangkah, namun juga ingin memberikan dorongan pada kita semua, bahwa tidak ada yang salah dengan gagal, dan juga tidak ada yang salah saat jatuh dalam sebuah proses.

jangan-takut-gagal
Ilustrasi (Gambar: finansialku.com)

Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini, kegagalan selalu dicap atau bahkan dipandang negatif oleh masyarakat. Begitu pula saat membangun sebuah bisnis, yang pada ujungnya, masyarakat sering mengatakan kalau memang sulit, memulai dan membangun bisnis, mending kerja jadi karyawan saja, enak, tinggal kerja dapat duit. Sungguh hal ini menjadikan banyak orang menjadi takut gagal.

Jangan Takut Gagal Sebelum Mencoba

Sebenarnya takut gagal adalah hal yang manusiawi yang bisa terjadi pada siapa saja, bahkan orang yang sukses pun juga masih merasa takut gagal.

Tapi hal utama, adalah rasa takut gagal pada orang yang pernah meraih kesuksesan ini bisa dihalau dengan sikap yang sudah terbentuk, yaitu dengan mengalihkan rasa takut dengan keberanian. Hal berbeda dengan orang yang takut sebelum melangkah.

Menurut Andrie Wongso:

Jangan takut gagal sebelum mencoba. Jangan takut jatuh sebelum melangkah. Kesuksesan milik orang yang berani mencoba. Ingat apa-apa yang tidak mungkin sering kali belum pernah dicoba."

Hal yang sama saat terjadi penolakan pada diri kita, misalnya saat tidak diterima mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan impian. Berhentilah mengeluh dan berputus asa, karena rejeki bisa datang dari mana saja asalkan kita mau berusaha, banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan berjualan online, menjadi seorang blogger, freelancer, You Tuber, menjadi content creator dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Pelajaran Bisnis dari Ruangguru yang Mem-PHK Ratusan Karyawannya.

Memang pada kenyataannya, tidak ada orang yang bisa sukses bila tidak mengambil risiko. Jangan harap bisa sukses, bila takut gagal.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, “Bagaimana bisa usahanya gagal?

Menurut Iman Usman – Co-Founder & COO Ruangguru (instagram.com/imanusman/), “Pada dasarnya kita tidak pernah tahu, jalan kehidupan kita seperti apa. Selama ini setiap orang termasuk kita pasti sudah melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan, dan akan terus begitu. Tapi ada hal-hal yang berada di luar kendali, termasuk hasil akhirnya. Kalau memang belum takdirnya untuk berhasil, ya tidak apa-apa. Move On dan kerjakan hal lain.”

Masih menurut Iman Usman, “Saya percaya bahwa apa yang Saya kerjakan bukan milik Saya sepenuhnya, hanya titipan. Kapan pun bisa diambil dan hilang dari jangkauan.

Begitu pula dengan perusahaan (ruangguru) adalah sesuatu yang materiil. Namun usaha membangunnya, pelajaran yang diperoleh saat membangunnya, jejaring dan persahabatan yang dibangun dengan tim dan mitra, nilai dan etos kerja yang melekat dalam diri, semuanya tidak serta merta hilang, mekipun perusahaanya tidak ada lagi. Itu semua adalah modal berharga yang bisa digunakan untuk bangkit lagi dan menghasilkan dampak yang baru! Never discount the value of the process!”

“Jangan mau dihantui dengan rasa gagal yang belum tentu kejadian. Lebih menyesal lagi bila tidak pernah mencoba!”

Hanya karena kamu membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain, bukan berarti kamu gagal.” - Harland Sanders, Pendiri KFC -

Itui dia sedikit motivasi dan semangat “Jangan Takut Gagal”. Semoga motivasi yang disampaikan di atas bermanfaat dan menjadi pendorong bagi Anda untuk bangkit dan juga mau mencoba, khususnya bagi Anda yang belum pernah mencoba, dan bisa segera meraih sukses.

Share

0 Response to "Jangan Takut Gagal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel