Krisis Ekonomi dan Tips Menghadapinya

Banyak yang mengatakan saat ini Indonesia sedang mengalami yang namanya krisis, atau bahkan ada yang sampai menyebut mengalami resesi. Apa benar demikian? Tentunya yang harus diperhatikan adalah memahami secara benar tentang maksud dari yang disampaikan tersebut. Kalau memang benar terjadi, apa pun kejadiannya, maka mengetahui krisis ekonomi dan tips menghadapinya menjadi hal penting agar kita bisa mengantisipasinya.

Mengambil sedikit catatan yang disampaikan oleh Dr. Anggoto Abimanyu, tidak dapat dipungkiri bahwa setelah krisis multidimensi Covid-19 ditandai dengan adanya proses pemulihan di banyak negara, termasuk Indonesia. 

krisis-ekonomi-dan-tips-menghadapinya
Ilustrasi (Gambar: blog.modalku.co.id)

Namun proses pemulihan ini menghadapi adanya risiko krisis ekonomi dan keuangan yang sangat dalam, karena ketidakmampuan dalam menangani dampak Covid-19 dan juga kebijakan ekonomi global, khususnya suku bunga yang tinggi.

Krisis Ekonomi dan Penyebabnya

Krisis ekonomi bagi negara dimanapun adalah hal yang mengerikan yang harus dihindari dan diminimalisir karena berdampak buruk pada sektor-sektor lainnya di negara tersebut, bahkan bisa sampai mengakibatkan kebangkrutan yang terjadi di suatu negara, Venezuela misalnya.

Sebenarnya apa sih krisis ekonomi itu?

Krisis ekonomi merupakan suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara mengalami penurunan yang sangat signifikan. Krisis ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terjadinya inflasi, krisis finansial, dan lain-lainnya.  Tentu hal ini akan merugikan negara dan masyarakat secara sekaligus.

Baca juga: Apakah Indonesia Mengalami Resesi? Waspada dan Mulai Kelola Penghasilanmu.

Yang harus diketahui adalah krisis ekonomi lebih membahayakan bila dibandingkan dengan resesi, karena sudah menjadi kondisi yang lebih buruk.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya krisis ekonomi, antara lain (feb.umsu.ac.id):

  1. Kelebihan utang dan terjadi krisis keuangan.
  2. Ekonomi yang tidak seimbang.
  3. Krisis perbankan.
  4. Gejolak di pasar keuangan.
  5. Krisis global.
  6. Kegagalan kebijakan ekonomi.

Cara Menyikapi Saat Terjadi Krisis Ekonomi

Menghadapi berbagai krisis yang terjadi, khususnya krisis ekonomi, harus dihadapi dengan kondisi tenang dan tidak panik, apalagi bila hal tersebut mengakibatkan keraguan besar pada investasi yang dilakukan.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Saat sebelum krisis: Tabunglah uang sebanyak-banyaknya dan pastikan bisa membeli aset-aset saat krisi terjadi.
  • Saat krisis terjadi: Belilah aset-aset produktif seperti saham, properti, dan lain-lain. Karena banyak yang memprediksi krisis, maka harga aset-aset tersebut menjadi murah.
  • Setelah krisis terjadi: Tentu harga aset-aset yang sebelumnya dibeli akan meningkat. Saat ini, menjadi saatnya menjual dan merealisasikan keuntungan. 

Itu dia sedikit informasi tentang “krisis ekonomi dan tips menghadapinya”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Share

0 Response to "Krisis Ekonomi dan Tips Menghadapinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel