Menjadi Seorang SEO Specialist

Dunia semakin berubah, begitu pula dengan dunia bisnis yang membutuhkan beberapa profesi yang dibutuhkan untuk mengenalkan bisnis dan juga produk yang dihasilkan. Sejak merebaknya dan meredanya wabah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, mulai banyak muncul profesi khusus yang sangat membantu bidang usaha atau bisnis dalam meningkatkan penjualan usaha, salah satunya dengan menjadi seorang SEO Specialist.

menjadi-seorang-seo-specialist
Ilustrasi (Gambar: skillana.id)

Sebelum masuk pada sebuah profesi SEO Specialist, tentu Anda sudah sangat kenal dengan SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah upaya untuk mengoptimalkan peringkat website di halaman mesin pencari (SERP), yang selanjutnya bisa bisa meningkatkan visibilitas situs atau website.

SEO Specialist adalah Profesi yang Memiliki Keahlian dalam SEO

Sebenarnya apa sih SEO Specialiast itu, yang saat ini begitu banyak dicari dalam berbagai lowongan pekerjaan atau mereka yang mendirikan usaha sendiri di bidang SEO?

Pada dasarnya SEO Specialist adalah sebuah profesi yang memiliki peran penting dalam hal menaikkan peringkat website pada mesin pencari. Atau bisa juga dikatakan sebagai seseorang yang memiliki profesi untuk mengoptimasi website agar isi website tersebut mudah dipahami oleh mesin pencari sehingga bisa meningkatkan trafik dan juga berada pada posisi teratas mesin pencarian.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Modal Internet.

Bahkan dalam informasi yang dikutip dari dewaweb.com, disampaikan bahwa dari sebuah riset yang disampaikan di laman Semrush, 53% dari pencarian trafik website diantaranya didapatkan dari hasil pencarian organik. Tidak hanya itu, 70% marketer menganggap SEO masih mampu menghasilkan prospek jauh lebih tinggi dari pada menggunakan iklan berbayar.

Melihat definisi SEO Specialist tersebut, sebenarnya apa saja tugas SEO Specialist?

Tugas SEO Specialist secara umum adalah melakukan riset atas kata kunci yang sesuai untuk website. Namun terdapat tugas lain yang harus dilakukan oleh seorang SEO Specialist, antara lain:

  • Melakukan riset keyword.
  • Melakukan audit arsitektur dan juga struktur situs web.
  • Membangun backlink.
  • Melakukan peninjauan atas konten pada suatu situs web.
  • Mengoptimalkan halaman website.
  • Meningkatkan aksesibilitas.
  • Memantau perubahan algoritma mesin pencari.
  • Membuat laporan SEO Website.

Hal yang Harus Dihindari Untuk Menjadi Seorang SEO Specialist

Sesuai dengan tugasnya, yaitu bertanggung jawab dalam mengatur strategi, teknik dan taktik untuk menaikkan trafik website dan juga mencapai peringkat terbaik di mesin pencari secara organik, tentu saja profesi ini membutuhkan kesabaran, ketelitian dan keuletan yang tinggi.

Untuk menjadi seorang SEO Specilist terdapat 4 (empat) hal yang harus dijauhi, antara lain (cmslabsco):

  • Tidak sabaran

SEO merupakan investasi jangka panjang, maka kamu tidak bisa mengharapkan hasil dari optimasi website hanya dalam waktu satu minggu atau dengan waktu yang cepat.

  • Indecisive.

Google selalu dinamis dan selalu melakukan update atas algoritmanya. Sebagai seorang SEO Specialist, maka kamu harus bisa mengikuti perkembangan algoritma dan juga mengambil keputusan agar website tetap bisa bertahan.

  • Sulit beradaptasi.

Selain harus bisa mengambil keputusan, maka kamu juga harus bisa beradaptasi dengan algoritma baru Google dan juga fitur-fiturnya.

  • Serakah

SEO memang memberikan hasil yang lama. Namun sekali memberikan hasil, maka kamu bisa mendapat keuntungan yang besar. Kalau serakah, maka kamu akan ketagihan dan mencoba semunya hingga dikhawatirkan tidak mempedulikan kesehatan sendiri.

Itu dia sedikit informasi tentang “menjadi seorang SEO Specialist”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi, khususnya untuk Anda yang ingin fokus pada profesi SEO. 

Share

0 Response to "Menjadi Seorang SEO Specialist"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel