Pengaruh Brand Terhadap Bisnis

Istilah yang satu ini tentu sudah sangat Anda kenal, bahkan sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari dalam mengenal suatu produk. Brand… Banyak yang mengartikannya sebagai merek, bahkan sebagian lainnya mengartikan dalam bentuk logo dan berbagai definisi. Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian, apa pengaruh brand terhadap bisnis dan seberapa penting bagi suatu entitas bisnis?

pengaruh-brand-terhadap-bisnis
Ilustrasi (Gambar: disperdagin.tanjungpinangkota.go.id)

Tidak dapat dipungkiri. Meskipun sudah banyak pebisnis yang menjalankan bisnisnya, namun dalam memaknai brand, banyak yang mensalah-artikan dengan maksud didalamnya.

Apa Itu Brand?

Menarik sekali membahas hal yang berkaitan dengan marketing, salah satunya brand ini. Dari berbagai referensi, maka brand merupakan segala hal yang berhubungan dengan citra dan juga persepsi yang dibangun oleh pelanggan dan juga masyarakat umum atas suatu entitas bisnis.

Brand sendiri adalah salah satu elemen kunci dalam dunia bisnis yang memiliki peranan sangat penting, bahkan bila disederhanakan, brand bisa diartikan sebagai identitas atau citra yang melekat pada suatu produk, layanan atau perusahaan.

Baca juga: Mengintip Rahasia Sukses Bisnis Mie Gacoan.

Dalam aplikasinya, brand yang kuat akan memiliki kemampuan untuk membedakan produk  atau layanan dari pesaingnya di pasar.

Dengan melihat definisi tersebut, tentu sangat jelas, bahwa brand tidak hanya sekedar logo atau merek saja, namun sejatinya merupakan nilai-nilai atau bahkan kepercayaan dan juga persepsi yang dihubungkan dengan entitas bisnis.

Pengaruh Brand Terhadap Bisnis

Persaingan pasar yang sangat ketat, menjadikan perusahaan yang memahami akan pentingnya merk atau brand, berusaha membangun citra brand tersebut untuk bisa memenangkan persaingan.

Sebenarnya apa saja pengaruh brand terhadap suatu entitas bisnis ini? Terdapat beberapa hal dampak positif dari brand ini, antara lain:

  1. Bisa meningkatkan jumlah penjualan.
  2. Meningkatkan nilai bisnis.
  3. Menjadi alat komunikasi.
  4. Membuat masyarakat menyadari akan kehadiran brand.
  5. Menunjukkan kreativitas dari entitas bisnis.
  6. Sebagai suatu bentuk apresiasi dalam mencapai tujuan.
  7. Membuat kepercayaan atau trust dalam industri yang bersangkutan.

Branding adalah Suatu Aktivitas dalam Mempertahankan dan Memperkuat Brand

Bila di atas sudah disampaikan tentang brand dan pengaruhnya dalam suatu entitas bisnis. Ada satu hal lagi yang juga sangat berkaitan, yaitu branding.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita juga sering mendengar saat seorang sales akan menjual barangnya, pasti atau terkadang mengucapkan misalnya, “Menggunakan mobil branding saja yuk!”.

Dari sini terlihat bahwa istilah branding seolah berkaitan dengan proses pengenalan produk atau menjadi alat atau media dalam mengenalkan produk.

Pada dasarnya branding ini merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mempertahankan dan juga memperkuat brand, sehingga mampu memberikan perspektif kepada orang lain.

Selain itu, sebuah brand akan menjadi mudah dikenal dan memiliki kesan yang kuat karena adanya pencitraan ini, yang juga membuat para kompetitor sulit mempengaruhi bisnis Anda atau akan menggeser pandangan masyarakat untuk beralih ke produk yang lain.

Itu dia sedikit informasi tentang “pengaruh brand terhadap bisnis”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk pengembangan bisnis Anda.

Share

0 Response to "Pengaruh Brand Terhadap Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel