Pentingnya Circle Pertemanan untuk Kesuksesan Bisnis

Pentingnya circle pertemanan untuk kesuksesan bisnis, menjadi tema menarik kali ini. Bagaimana tidak, beberapa waktu lalu sedang heboh di media sosial, seseorang yang mengalami depresi karena bisnis yang sudah dirintisnya bertahun-tahun mengalami kebangkrutan. Yang menjadi sorotan disini adalah saudara dan teman-temannya yang dahulu ada saat dirinya masih jaya, begitu bisnisnya mengalami kemunduran semua hilang tidak berbekas, termasuk saudara dan teman yang dulu selalu ada. 

Disinilah menjadi penting untuk selektif dalam memilih circle atau lingkaran pertemanan. Memang cenderung sepele, namun circle pertemanan yang buruk pasti akan mempengaruhi kualitas hidup. 

pentingnya-circle-pertemanan-untuk-kesuksesan-bisnis
Ilustrasi (Gambar: gurusiana.id)

Bahkan siapa yang mengira memilih circle pertemanan itu gampang-gampang susah, malah susah memilih teman yang seirama dan selalu ada apalagi disaat susah. Tidak jarang pada akhirnya Anda harus berjuang sendiri setelah sekian waktu belrlalu.

Selalu bersiaplah untuk berjuang sendirian, karena manusia bisa saja berubah kapan saja. Hari ini kamu mungkin penting bagi mereka, tapi esok bisa saja tidak penting lagi bagi mereka.”

Circle Pertemanan adalah Kunci Sukses Bisnis

Pada dasarnya circle pertemanan merupakan suatu hubungan pertemanan di lingkar sahabat yang paling dekat. Circle juga bisa diartikan sebagai kumpulan pertemanan dan juga pergaulan terbatas.

Mengapa circle pertemanan ini lebih sering disebut dengan pertemanan terbatas? Karena pertemanan ini biasanya memiliki kesamaan di antara orang-orang yang ada didalamnya, mulai dari hobi, hingga profesi yang sama.

Baca juga: Rahasia Kebiasaan Orang Sukses.

Tidak dapat dipungkiri, semakin dewasa seseorang, circle pertemanan akan semakin mengecil, namun yakinlah dengan semakin mengecilnya circle pertemanan tersebut akan terseleksi mana yang benar-benar baik dan tulus menjalin hubungan dengan kita, mana yang hanya memanfaatkan pertemanan tersebut.

Begitu pula dalam berbisnis, saat memulai bisnis, mungkin banyak sekali teman, kerabat atau bahkan saudara yang meragukan Anda. Namun disinilah Anda akan mengetahui bahwa mana yang menjadi pendukung dan selalu memotivasi di saat belum memiliki apa-apa, dan mana yang meragukan Anda.

Surround yourself with people who challenge you, teach you, and push you to be your best self.” - Bill Gates, Co-Founder of Microsoft

Benar sekali apa yang disampaikan Bill Gates di atas, karena circle pertemanan akan berpengaruh pada kesuksesan Anda, apalagi Anda yang baru memulai berbinis, atau berinvestasi. Pertemanan Anda akan menentukan apakah Anda mengikuti kebiasaan mereka atau malah justru Anda yang akan mengajak mereka pada kebiasaan Anda.

Memilih Circle Pertemanan yang Sehat

Menyenangkan sekali disukai banyak teman, dan juga memiliki banyak teman, namun yang sering terjadi, memiki banyak teman sering membuat kita terjebak pada hal-hal negatif. Oleh karena itu, jangan asal dalam memilih teman.

Ada yang sangat penting dalam mencari circle pertemanan. Apalagi untuk Anda yang sudah mulai berpikir untuk memulai bisnis atau berinvestasi. 

Dengan mengambil informasi dari finplan.id, kalau lingkaran pertemanannya tidak  nyambung di ajak ngobrol tentang hal-hal dibawah ini, sudah saatnya Anda mencari atau menambah lingkungan baru. Apa saja yang diobrolkan, antara lain:

  • Investasi.
  • Memulai bisnis.
  • Pengembangan diri.
  • Olahraga dan hidup sehat.
  • Memperbanyak keran pemasukan.
  • Kesejahteraan yang turun temurun.

circle-pertemanan
(Gambar: Instagram.com/finplan.id/)

6 (enam) hal tersebut menjadi sangat penting untuk Anda bicarakan, khususnya Anda yang sudah mulai memikirkan masa depan, atau usia Anda sudah beranjak di atas 30 tahun. Memang tidak ada yang terlambat, namun menyadarinya lebih dini menjadi penting, khususnya untuk Anda yang menginginkan kesuksesan.

Selain mencari pertemanan yang positif dan selalu memberi manfaat untuk Anda, ada hal penting lainya, yaitu jangan ekspos seluruh suksesmu, barangkali disana ada yang hasad padamu, bahkan mungkin orang dekat denganmu.

Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu pada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya untuk membinasakanmu.” - (QS. Yusuf: 5)

Memang tidak mudah dalam memilih circle pertemanan, namun meskipun Anda sudah memiliki circle pertemanan terbaik dan selalu mendukung Ada, tetap kuncinya ada pada diri Anda.

BERJANJILAH PADA DIRIMU SENDIRI. Tak peduli seberapa berat yang kau jalani hari ini, kau tak akan menyerah pada mimpimu.”

Semoga catatan hari ini tentang “Pentingnya circle pertemanan untuk kesuksesan bisnis” bermanfaat dan memberi arti untuk kemajuan diri dan pribadi Anda, khususnya dalam membangun bisnis dan investasi yang akan Anda bangun.

Share

0 Response to "Pentingnya Circle Pertemanan untuk Kesuksesan Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel