Menjelang Semester 2 Tahun 2024, Tercapaikah Resolusi Bisnismu?

Waktu semakin berjalan, dan tidak terasa sudah setengah tahun dari tahun 2024 ini dilalui. Yang menjadi pertanyaan adalah sebentar lagi sudah menjelang semester 2 tahun 2024, tercapaikah resolusi bisnismu? 

Pertanyaan tersebut, membuat kita semua yang selalu memiliki impian dan harapan, seringkali garuk-garuk kepala, apalagi yang ingin membangun bisnis atau sudah menjalankan bisnis, dan ternyata keadaan tidak seindah yang diperkirakan seperti tahun 2023 lalu.

resolusi-bisnis-semester-2-tahun-2024
Ilustrasi (Gambar: Dokumentasi pribadi)

Tidak dapat dipungkiri, harapan demi harapan dan juga impian menjadi sebuah motivasi yang ingin dicapai. Begitu pula dalam membangun bisnis, tahun 2024 ini menjadi harapan kita semua agar tahun ini bisa mencapai hal terbaik dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Resolusi adalah Sesuatu yang Ingin Dicapai Seseorang

Apa sebenarnya resolusi itu? Banyak sekali definisi tentang resolusi, mulai dari resolusi bisnis, resolusi pribadi, bahkan ada yang menganggap resolusi sebagai hal yang berkaitan dengan ketajaman gambar.

Tidak salah memang, namun dalam hal ini yang dimaksud adalah suatu harapan atau hal yang ingin dicapai seseorang pada periode selanjutnya.

Bahkan menurut KBBI, resolusi diartikan sebagai suatu putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan yang ditetapkan dalam suatu rapat (musyawarah, sidang), yang biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Baca juga: Pilih Mana “Mulai Berbisnis atau Bekerja dan Menjadi Karyawan”.

Nah, apa sebenarnya maksud resolusi secara umum?

Resolusi pada umumnya diartikan sebagai suatu janji pada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu, khususnya untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup untuk tahun depan.

Menurut Dennis Buttimer, yang merupakan seorang fasilitator di Thomas F. Chapman Famiy Cancer Wellnes di Piedmont, menyampaikan bahwa banyak orang yang ingin memperbaiki kehidupannya di tahun yang baru.

Memang tahun baru menawarkan sebuah catatan kosong, kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Begitu pula saat kita akan menetapkan resolusi tahun baru, maka menggunakan konsep penting yang disebut sebagai self-efficacy menjadi hal yang sangat penting, yaitu mencapai tujuan berdasarkan cita-cita dan berusaha untuk menindaklanjuti.

Resolusi 2024 untuk Semester2, Berusaha Mencapai Harapan yang Lebih Baik

Di beberapa media sosial banyak sekali yang menyebutkan bahwa tahun 2023 menjadi tahun para entrepereneur mempersiapkan energi untuk bertahan melalui tahun 2023, apalagi setelah Covid-19 mereda.

Nah, bagaimana dengan tahun 2024 ini?

Banyak yang mengatakan bahwa tahun 2024 ini belum bisa mencapai hal terbaik seperti tahun 2023, bahkan banyak bisnis yang akhirnya bangkrut karena inflasi dan resesi yang terjadi.

Tapi tidak masalah, apa pun yang terjadi, kita harus tetap memiliki semangat dan motivasi untuk bangkit dan tetap bergerak demi mencapai hidup yang lebih baik.

Mengambil motivasi dari Hingdranata Nikolay, yang menyampaikan:

Mungkin ini bukan tahun terbaikmu, tapi tidak perlu katakan tahun yang buruk. Ingat masih ada hari-hari terbaikmu, serta banyak pembelajaran terbaikmu. Dan sangat mungkin, ada juga kejadian di tahun ini yang bisa jadi titik balik hidupmu.”

Sebagai seorang pemilik bisnis, maka memiliki mental yang kuat menjadi hal penting dalam menghadapi ketidakpastian seperti saat ini. 

Meskipun saat ini sudah memasuki dan menjelang semester 2 tahun 2024, tidak ada salahnya kita berharap untuk bisa meraih hal terbaik, sebagaimana yang disampaikan Imam Ghozali:

Siapa harinya lebih baik dari kemarin, maka beruntung. Siapa harinya sama dengan kemarin, maka rugi, dan siapa harinya  lebih buruk dari kemarin, maka celaka.”

Tidak ada yang tidak mungkin, selama kita masih mau bangkit dan melakukan terbaik, kita pasti bisa meraih apa yang diimpikan dan dicita-citakan.

Begitu pula dalam tahun 2024 ini, dengan fokus pada inovasi, efisiensi, dan berusaha mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, kita pasti bisa meraih impian dan harapan.

Semoga catatan hari ini tentang “menjelang semester 2 tahun 2024, tercapaikah resolusi bisnismu?” tersebut bermanfaat dan mengingatkan kita untuk bisa meraih impian dan cita-cita yang ingin diraih. 

Share

0 Response to "Menjelang Semester 2 Tahun 2024, Tercapaikah Resolusi Bisnismu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel