Bandarmology, Apa Itu?

Bandarmology, apa itu? Bagi Anda yang awam atau baru masuk dunia saham, tentu istilah ini masih sangat asing. Bila Anda ingin memulai berinvestasi saham atau trading, tentu Anda harus mulai belajar tentang apa saja yang berhubungan dengan saham. Tidak saja analisanya, namun semua hal yang berhubungan dan mempengaruhi pergerakan saham.

Banyak orang mengira bahwa pergerakan saham hanya dipengaruhi oleh analisis fundamentalnya. Mereka yang berpaham fundamentalist memang selalu memegang prinsip bahwa harga saham bergerak menyesuaikan kondisi fundamental perusahaan tersebut. Namun dengan berjalannya waktu, apakah semua saham bergerak lurus seperti itu?

bandarmology
Ilustrasi (Gambar: snips.stockbit.com)

Tentu banyak pertanyaan, mengapa terdapat keanehan saham, seperti saat saham bergerak naik, padahal saat itu laba minus, atau nilai PBV yang sangat tinggi dan berbagai hal yang bertolak belakang dengan kinerja fundamentalnya.

Bandarmology, Analisa Sang Bandar yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

Sebenarnya ini yang harus diketahui, khususnya para pemula yang ingin terjun ke dunia saham, terlepas apa tujuan masuk dalam dunia saham, apakah hanya ingin berinvestasi dengan tujuan dividen, atau ingin trading, minimal memahami bahwa pergerakan saham tidak hanya karena faktor fundamental, namun ada faktor lain yang turut mempengaruhinya.

Dalam perdagangan saham ada pihak-pihak yang bisa mempengaruhi pergerakan saham, yang disebut dengan bandar, sehingga bisa disebut dengan market mover.

Baca juga: Hati-hati Fraud Virtual Currency.

Siapakah market mover itu? Mereka adalah sekelompok investor atau institusi yang memiliki modal besar.

Saham apa yang dipilih tersebut? Saham yang dipilih biasanya saham yang kurang likuid yang kemudian dibeli dalam jumlah besar secara bertahap dengan harga tetap yang mengakibatkan peningkatan volume saham tersebut.

Nah, apa bandarmology itu? Bandarmology itu adalah ilmu untuk mengikuti perilaku bandar di pasar saham.

Tentu banyak pro dan kontra tentang keberadaan bandar yang merupakan market mover atau market sponsor ini, karena kemampuannya menggerakkan saham yang saat itu sedang stuck sehingga bisa kembali bergerak dengan membelinya dan kemudian diikuti oleh para trader lainnya.

Tentu saja keberadaan bandar atau market mover menjadi pro dan kontra. Bagi yang kontra, bandar dianggap mengacaukan mekanisme pasar karena membuat pasar tidak lagi ditentukan oleh supply and demand secara murni, namun diarahkan sesuai keinginan bandar.

Waspada Skema Manipulasi Harga Saham – Bandarmology PDF  

Sebagai orang yang sudah mulai memasuki dunia saham, terlepas dari adanya pro dan kontra, Anda harus memahami tantang pergerakan saham yang diatur sang bandar.

Olah karena itu, jangan ikut-ikutan, jangan FOMO dan lakukan analisa tersendiri atau belajar dengan detail pergerakan saham tersebut.

Di bawah ini akan disampaikan skema manipulasi harga saham dari berbagai sumber, sebagai berikut (instagram.com/ngertisaham/):

  1. Wash Sale – Transaksi jual beli semua pihak yang sama, sehingga tidak merubah kepemilikan.
  2. Alternate Trade – Transaksi bergantian antara pihak penjual dan pembeli dengan maksud untuk meliquidkan suatu saham.
  3. Pre-Arrange Trade – Janjian jual beli suatu saham pada waktu yang bersamaan (selisih tipis) dalam rangka membentuk harga.
  4. Marking The Close – Sebelum ada pre-closing, beberapa pihak sering memanfaatkan akhir-akhir jam perdagangan untuk membentuk harga sesuai keinginan mereka dengan membeli sedikit-sedikit dan atau menjual sedikit-sedikit.
  5. Pump and Dump – Menaikkan harga setinggi mungkin sesuai target dan kemampuan dengan memborong terlebih dahulu di harga bawah, kemudian sebagian besar dijual pada harga tertinggi ketika sudah banyak yang masuk dan sisanya didistribusi atau membuang sedikit-sedikit sampai harga jatuh kembali.
  6. Hype and Dump – Bandar membeli terlebih dahulu, kemudian melakukan pom-pom pada jaringan mereka (dengan menyebar rumor, gosip, berita yang tidak terkonfirmasi). Saat harga naik. Dia jual  dan kabur – PHP).
  7. Creating Fake Demand and Supply – Menciptakan jual atau beli palsu, terlihat tiba-tiba menghilang lot ordernya. (Sepertinya hal ini sangat sering terjadi).

Itu dia sedikit catatan hari ini dengan judul “Bandarmology, apa itu?”. Semoga bermanfaat dan selalu waspada atas iming-iming yang tidak jelas.

Share

0 Response to "Bandarmology, Apa Itu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel