Tips Memilih Saham Dividen

Setiap orang pasti memiliki pilihan dan tujuan, begitu pula saat memilih berinvestasi di instrumen saham. Tentu ada harapan di balik investasi yang dilakukannya, yaitu mendapat keuntungan. Selain capital gain, tentu dividen menjadi tujuan utama bagi mereka yang sengaja mengalokasikan danany di instrumen ini. Nah, bagi Anda yang serius ingin berinvestasi saham secara benar, maka tips memilih saham dividen ini sepertinya pas untuk disimak.

tips-memilih-saham-dividen
Ilustrasi (Gambar: Freepik)

Dividen merupakan pembagian laba atau keuntungan perusahan yang dibayarkan kepada investor atau pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Cara Memilih Saham Dividen Rutin

Bagi Anda yang baru mengikuti berbagai catatan dan informasi tentang investasi saham, tentu dividen menjadi salah satu hal yang menarik.

Bagi investor yang sudah lama berkecimpung dalam dunia saham, keberadaan dividen yang didapatkan telah menjadi sumber passive income bagai investor tersebut. Selain itu juga, dividen yang didapatkannya telah membantu mereka dalam meningkatkan nilai modal yang dimilikinya.

Baca juga: Menuju Merdeka Finansial.

Terdapat beberapa langkah memilih saham dividen, antara lain (instagram.com/ngertisaham/):

  • Pertimbangkan bahwa perusahaan membagikan keuntungan yang bertumbuh.
  • Carilah pertumbuhan laba jangka panjang antara 5% sampai 15%.
  • Perusahaan memperoleh cashflow yang kuat/besar.
  • Dividen perusahaan terus meningkat selama lebih dari 5 tahun.
  • Hindari perusahaan dengan rasio DER (Debt to Equity) yang sangat tinggi.
  • Keluarkan dari list untuk perusahaan yang DER-nya lebih dari 1,5x.
  • Apakah industrinya sedang booming atau benar-benar sustain.

Point-point yang Harus Diperhatikan

Untuk Anda para pemburu dividen  yang penasaran dengan emiten atau perusahaan terbuka yang sering membagi dividen, terdapat beberapa hal yang harus diketahui, yaitu:

  • Dividen Yield yaitu persentase bagi hasil yang dibagikan perusahaan kepada para pemegang saham dibandingkan harga saham pada saat RUPS.
  • PER (Price Earning Ratio) merupakan salah satu tools fundamental yang dipergunakan oleh para investor untuk melihat apakah harga saham suatu perusahaan masih murah atau sudah kemahalan apabila dibandingkan dengan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, makin kecil angka ini artinya semakin murah.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips memilih saham dividen”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Share

0 Response to "Tips Memilih Saham Dividen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel